Sabtu, 17 Maret 2012

Tips menghadapi ulangan ala situss



Hi guys, terima kasih sebelumnya karena anda telah menyempatkan waktu anda untuk membuka blog harian saya dan membaca artikel saya ini. Kali ini saya akan memberi tahu tips ketika menghadapi ulangan versi saya. Kalau kurang baik sebaiknya jangan di tiru, tapi kalau yang baik boleh juga kok di tiru, hehe. Artikel ini cuma hiburan aja lho ya, inget ituuu, cuma hiburan :)
Check this out guys, langsung aja. Pas pertama kali denger kata kata ulangan, jujur sih saya sedikit galau, galaunya melebihi galau karena cowok *eh. Gimana gak galau, menurut saya sih ulangan itu gak efektif, yg bener bener ngerjain sendiri sih saya akui good job, tapiii kalau yang main di belakang itu yang saya bikin bete, gak usaha sendiri eh dapat nilai bagus (tapi saya pernah melakukan kok, terutama nyontek temen hihi).





Yup, ini dia tips ala saya :
1. Kalo guru udah nentuin hari ulangan, kita nyantei aja, anggap tidak terjadi apa apa  hari itu. Jangan di pikir terus, misalnya gini "aduh, besok hari ini.... ulangan, mampus gue belum belajar. Gak ngerti pula sama materinya, afadfgfafsasghgytj", seperti itu contohnya, biarkan waktu berjalan sendiri. Ntar bisa bisa kalian terlalu over memikirkan ulangan, eh pas belajar malah grogi, nahlooo


2. Kalau saya sih selalu SKS (sistem kebut semalam), terkadang gak sampai malam sih hehe. Saya emang gak pernah belajar lama lama hari sebelum ulangan kayak gitu sih, pasti belajarnya malam sebelum waktu ulangan. Kalau saya sih percuma aja belajar lama tapi gak mudeng hoho, mending sebentar tapi memahami.


3. Saya sih biasanya belajar habis maghrib, sebelum maghrib saya main main dulu seperti OL, nonton tv, vacation, apa aja kek. Ntar kalo udah maghrib saya langsung masuk kamar dan buka buka buku (cuma dibuka) hahha.


4. Waktu belajar, saya gapernah serius belajar dengan materi itu. Pasti ada aktifitas lain yang saya kerjakan, ya seperti OL, mainan lepi, mainan HP atau apa aja. Soalnya menurut saya, itu semua bikin saya fresh dan gak jenuh. 


5. Waktu belajar, pasti ada musik yang harus saya dengar. Terutamanya musik barat, kalo musik indonesia kan tau maksudnya, saya malah gak konsentrasi. Tapi kalau musik barat itu asyik, seru aja gak tau kenapa hehe.


6. Selain ada musik, di kamar saya harus ada cemilan (apapun itu), entah makanan ringan ataupun pokok. Yang pasti harus ada makanan. Jujur saja, saya hobi banget makan haha. Jadi kalo gak nyemil itu bawaannya perut aku mules terus dan alhasil gak bisa konsen.


7. Kalau belajar, saya gak pakai sistem hafalan. Menurut saya sih hafalan cuma ingat sementara aja, selain itu kalau saya hafalan biasanya kepala saya langsung pusing soalnya memori otak overload hahha. Saya selalu belajar dengan sistem "memahami, mengerti dan membaca", saya selalu membaca materi itu. Entah itu mengerti atau enggak, yang terpenting harus saya baca dulu hahha


8. Biasanya saya belajar cuma 2 jam saja, habis maghrib sampai kira kira pukul 8. Habis itu saya langsung nutup buku dan berjelajah ke dunia maya haha. Hitung hitung biar gak terlalu stres. Kalau berjelajah ke dunia maya waktu ulangan saya sih biasanya sampai tengah malam, trus tidur deh


9. Waktu pagi sebelum berangkat sekolah saya pasti menyiapkan pelajaran buat hari itu, saya masukkan ke tas. Sebelum masuk di tas, pasti saya buka buka sebentar.


10. Waktu di kelas, biasanya anak anak pasti pada rempong belajar lagi. Tapi kalau menurut saya sebaiknya jangan, soalnya saat itu merupakan waktu dimana otak kita merefresh kembali memori otak kita, alaaah. Jadi biarkan otak kita istirahat dan enggak blank saat ulangan berlangsung.


11. Waktu ulangan dimulai, rileks dan berdoa terlebih dahulu. Berdoa sangatlah penting.


12. Kalau saya sih biasanya mengerjakan soal yang mudah dulu, habis itu yang susah. Soalnya biasanya kalau udah kepepet waktu, saya justru bisa ngerjain.


13. Jujur nih, kalau gak bisa saya pasti tanya ke temen yang bisa saya percaya dan saya gak hanya tanya ke satu orang, tetapi lebih dari satu hehe


14. Kalau misalnya udah gak ada teman yang di tanyai lagi, semuanya gak bisa, ilmu pengawuran pun saya keluarkan. Asalkan logis aja hehe


15. Dan setiap menjawab pertanyaan saya pasti megucapkan "bismillah, semoga ini yang terbaik" terutama kalau soalnya pilihan ganda.


16. Waktu akan mengumpulkan, saya pasti berdoa "ya allah, saya ingin membanggakan kedua orang tua saya" ehhehe




Itulah guys, cara saya saat menghadapi ulangan. Ya walaupun berhasil atau enggak, tapi semua cara itu pasti aku lakukan tiap akan ulangan. Yang jelek gausah di tiru ya, ataupun gausah niru semuanya. Sekedar buat hiburan aja untuk mengisi waktu luangku, heheh :)

Tidak ada komentar: