Selasa, 21 Februari 2012

Chocolate? so delicious


Cokelat? hmmm, pastinya jika kalian mendengar kata kata ini akan langsung tertuju dengan makanan enak yang berasal dari buah kakao itu.Yup, disini gue akan membahas sedikit yang gue tahu tentang coklat, salah satu makanan kesukaan gue hihi. Coklat berasal dari bahasa latin Theobroma cacao/buah Kakao. Tanaman jenis ini pertama kali tumbuh di daerah Amazon. Coklat sebenarnya berasal dari biji kakao yang rasanya sangat pahit, tapi dengan melalui proses jadilah Coklat yang bikin ketagihan sebagian orang.

Coklat  memang memiliki rasa yang unik dan khas, sehingga sampai saat ini rasa coklat sulit terdefinisikan. Di dalam coklat terkandung alkoloid-alkoloid yaitu semacam zat yang berguna bagi serotonim otak. Makan coklat tidak akan menimbulkan kecanduan, tetapi bagi sebagian orang rasa coklat yang enak mungkin menyebabkan kerinduan untuk mengkonsumsinya kembali (seperti gue ini). Ini yang disebut chocolate craving. Dampak coklat terhadap perilaku dan suasana hati (mood) terkait erat dengan chocolate craving. Rindu coklat bisa karena aromanya, teksturnya, manis-pahitnya dsb. Hal ini juga sering dikaitkan dengan kandungan phenylethylamine yang adalah suatu substansi mirip amphetanine yang dapat meningkatkan serapan triptofan ke dalam otak yang kemudian pada gilirannya menghasilkan dopamine. Dampak dopamine adalah muncul perasaan senang dan perbaikan suasana hati. So, biar kita gak badmood tiap waktu, gak ada salahnya jika kita gemar makan coklat, hehe asal gak terlewat batas aja. Macam macam coklat :
  • Dark Chocolate

    Dark Chocolate memiliki kandungan biji coklat (kakao) yang paling tinggi yaitu paling sedikit 70% mengandung kakao. Dark chocolatememiliki kandungan kakao atau biji cokelat terbanyak, tanpa banyak gula dan tanpa lemak jenuh atau minyak sayur terhidrogenasi (HVO).

  • White Chocolate

    Sedangkan white chocolate hanya memiliki 33% kandungan coklat atau kakao, sisanya adalah gula, susu dan vanila. Kandungan gula inilah yang dapat memberikan efek negatif, seperti kerusakan gigi dan penyakit diabetes.

  • Milk Chocolate 

    Milk chocolate merupakan campuran kakao dengan susu dan ditambah gula. Coklat jenis ini juga sangat digemari karena rasanya yang nikmat.




Tidak ada komentar: