Kamis, 15 Maret 2012

PENYAKIT NARSIS

Hallo guys, saya ingin berbagi sedikit pengetahuan baru nih ke kalian, khususnya kepada kalian kalian yang narsis banget. Saya membuat artikel ini terinspirasi ketika melihat acara WARNA di Trans7 yang membahas tentang penyakit ini. Hati hati lho guys, ternyata narsis bisa menyebabkan penyakit, so jangan over narsis deh ya. Langsung aja yuk ke pointnya. Penyakit narsis sering di sebut juga NARCISSITIC PERSONABILITY




Kata narsis sering digunakan sebagai istilah untuk menyebut orang yang 'gila foto' dan membanggakan diri sendiri. NARCISSITIC PERSONABILITY adalah penyakit mental ketika seseorang memiliki rasa percaya diri yang sangat tinggi untuk kepentingan pribadinya dan juga rasa ingin dikagumi. Ini merupakan salah satu jenis penyakit kepribadian diri seseorang. Seseorang yang terkena penyakit narsis biasanya diiringi juga dengan pribadi yang emosional, lebih banyak berpura-pura, antisosial dan terlalu mendramatisir sesuatu. Dan sebuah studi baru juga menunjukkan bahwa orang dengan karakter narsis memiliki kecenderungan untuk berbuat curang, baik pada tugas dan nyontek ujian sekolah. Hasil studi menunjukkan bahwa orang narsis termotivasi untuk menipu dan berbuat curang karena sifatnya yang selalu ingin pamer kepada orang lain. Orang narsis juga tidak pernah merasa bersalah dengan tindakannya.




"Narsisis (sebutan untuk orang narsis) merasa perlu untuk mempertahankan citra diri yang positif dan mereka kadang-kadang akan menyisihkan kekhawatiran etis untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan," jelas Brunell lebih lanjut.
Brunell mengatakan, keinginan untuk memamerkan diri benar-benar membuat orang dengan karakter narsisme lebih mungkin untuk melakukan tindakan curang.
Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders serta American Psychiatric Association pun menyebutkan beberapa gejala dan kriteria penyakit narsis, diantaranya :
1. Mementingkan diri sendiri, melebih-lebihkan prestasi dan bakat yang dimiliki, berharap dikenal sebagai orang unggul tanpa ada hasil atau pencapaian tertentu.
2. Terlalu bangga dengan fantasinya dan memiliki tujuan yang tidak realistik tentang keberhasilan yang tiada batas, kekuatan, kepintaran, kecantikan atau kisah cinta yang ideal.
3. Percaya bahwa dirinya sangat spesial dan hanya bisa bergabung atau bergaul dengan orang-orang yang juga memiliki status tinggi.
4. Memerlukan pujian yang berlebih ketika melakukan sesuatu
5. Memiliki keinginan untuk diberi julukan tertentu
6. Bersikap egois dan selalu mengambil keuntungan dari setiap kesempatan untuk mendapatkan apa yang diinginkannya
7. Tidak memiliki perasaan empati terhadap sesama
8. Selalu merasa iri hati dengan keberhasilan orang lain dan percaya bahwa orang lain juga iri padanya
9. Menunjukkan sifat arogan dan merendahkan orang lain
10. Mudah terluka, emosional dan memiliki pribadi yang lemah




Nah, gimana guys sudah tahukan kalian apa NARCISSITIC PERONABILITY dan juga ciri ciri dari orang yang terkena penyakit tersebut? Apakah kalian tergolong sebagai NARCISITIC PERSONABILITY PERSON? Wah kalau iya sebaiknya di kurangi deh, kan gak baik juga buat kepribadian kita sehari-hari. Intinya narsis itu boleh banget, asal jangan terlalu over aja :)

Tidak ada komentar: